Copyright © Confeito Tulipers
Design by 2014
Rabu, 05 Februari 2014

Kepribadian INTJ

INTJ   Who am I ?

Assalamualaikum,


Ini adalah kisah orang-orang yang disalahpahami karena memang punya nilai kebenarannya sendiri. Tindakannya pragmatus namun  cenderung mempunyai cara berpikir yang berbeda dengan orang kebanyakan. Pada akhirnya orang-orang seperti ini banyak disalahpahami sebagai pembohong bahkan penipu. Orang-orang seperti ini perlu ditolong untuk menemukan potensinya, agar mereka tidak benar-benar mejadi penipu.
Ada sebuah kepribadian paling minoritas di dunia. MBTI memberinya judul INTJ atau Independent Thinker. Teori, tapi ini dibutuhkan untuk memudahkan kita memodelkan permasalahan. Saya mungkin salah satunya.
Jarang kepribadian lain yang bisa memahami kepribadian ini. Mungkin hanya sesama INTJ yang bisa saling memahami. Sebagai kepribadian INTJ yang mulai bisa bertidak “pragmatis” atau biasa disebut kepribadian lain sebagai “dewasa”, saya akan mencoba mengkomunikasikan tentang bagaimana orang INTJ berpikir, bertindak dan merasa.
Berpikir
Kami cenderung punya nilai kebenaran yang tidak bisa diganggu gugat. Biasanya berbeda dengan nilai kebenara kolektif. Hanya TUHAN yang berhak menghakimi kebenaran apa yang kami pikirkan. Karena itu kami lebih suka menyimpannya sendiri. Dan biarlah hanya TUHAN yang menghakimi apa yang kami pikirkan.
Bertindak
Kami tahu bahwa kami berbeda. Kami sadar, kami punya nilai kebenaran yang berbeda. Kami tidak suka dengan komitmen kecuali kami butuh. Apalagi pernyataan kolektvitas, bahwa kami adalah sesuatu. Maka dari itu kami akan bertindak sebagai orang yang bisa di”pahami” diawal-awal.
Namun, ada dimana saat kami merasa kalian belum berhak masuk kepada bagian kami yang kami anggap penting. Kami akan menjauh. Di sini banyak orang yang salah paham dengan kami. Menghakimi kami berubah, penipu pembohong. Dan kami tidak peduli dengan penilaian kalian.
Atau kami akan menjaga sebisa mungkin untuk menjaga agar kalian tidak masuk bagian kami yang itu. Terus “menipu” kalian dengan tingkah kami yang mudah dipahami. Dan jangan harap kalian akan pernah kami ijinkan untuk masuk dalam diri kami. Singkat cerita, kami menganggap kalian lebih senang dibohongi daripada tahu diri kami yang sesungguhnya.
Merasa
Kami merasa bisa hidup sendiri. Kami merasa kalian tidak ada yang bisa mengerti kami. Dan itu terkadang benar. Sekarang, apakah kalian mengerti kami? Saya akan melihat banyak dahi yang berkerut kecuali orang INTJnya sendiri.
Hanya saja, kalau kami bisa menemukan minat dan bakat serta potensi kami, Kami lah yang biasanya jadi terbaik di sana. Contoh : Albert Einstein, Isaac Newton.

Cara Mengenali Tipe INTJ

Setiap kepribadian memiliki sifat-sifat unik yang membuatnya dikenali atau dapat dibedakan dengan kepribadian yang lain. Sifat-sifat tersebut dapat terlihat sewaktu pertama kali bertemu ataupun setelah mengenal lebih dekat. Dengan mengetahui sifat-sifat tersebut, dapat membuat seseorang lebih mudah berinteraksi satu sama lain. Berikut sifat-sifat untuk mengenali kepribadian seorang INTJ.


Penyendiri yang percaya diri. Seorang INTJ sering terlihat seorang diri atau menyendiri dalam keramaian. Mereka menyendiri bukan karena tidak percaya diri di depan banyak orang, hanya saja mereka merasa kurang nyaman dan tidak penting untuk berada dalam keramaian. Bukti kepercayaan diri mereka tampak sewaktu mereka harus melakukan presentasi di depan umum, mereka dapat dengan lantang menyarakan pendapat mereka tanpa ragu.
Gaya bicara dan pemilihan kata mereka bervariasi dan sangat kaya. Mereka pandai memilih kata yang tepat dan sesuai logika. Jarang mengucapkan salah kata, meskipun saat mereka berbicara sangat cepat dan terus-menerus.

Penampilan mereka sering tidak sesuai fashion terkini. Mereka berpakaian sesuai keinginan dan gaya mereka sendiri, tanpa memperhatikan fashion saat ini. Gaya berpakaian mereka cenderung tetap dalam waktu tang relatif lama, selain itu mereka lebih menyukai pakaian yang polos dengan warna yang tidak mencolok. Hal tersebut dikarenakan mereka tidak ingin terlihat atau menjadi pusat perhatian.

Wajah mereka serius, dingin, dan datar, dengan tatapan tajam yang kadang terlihat kosong. Tidak jarang orang lain disekitar mereka salah sangka dengan mengira bahwa mereka sedang marah. Hal tersebut biasa terjadi saat orang dengan kepribadian INTJ tengah memikirkan sesuatu, sehingga mereka tidak fokus pada lingkungan sekitar. Sedikit ekspresi wajah yang diberikan, sulit dibedakan apakah mereka senang, marah, atau sedih. Bukan hanya wajah yang tanpa ekspresi, saat mereka bicara intonasinya sering datar, sulit dibaca perasaannya.

Aura kegelapan yang misterius. Sifat penyendiri, serius, dingin, dan terkesan arogan, membuat mereka terkesan sebagai makhluk individualis dan misterius. Memancarkan aura kegelapan yang menekan.

Pola pikir mereka sangat abstrak. Mereka dapat menarik kesimpulan dan keterkaitan antara beberapa kejadian sekaligus secara logis. Seperti menyambung titik-titik bintang di langit membentuk rasi bintang, sangat abstrak. Berpikir beberapa langkah di depan orang lain.

Sosok yang penuh determinasi dalam bekerja. Mereka pekerja keras dan juga tegas dalam mengambil keputusan. Cerdas dalam menyusun langkah kerja.
Mereka tahu apa yang mereka inginkan dan bagaimana cara mendapatkannya dengan gaya dan cara mereka sendiri yang bagi orang lain terlihat gila dan mustahil.

Sedikit bicara, banyak bekerja, dan lebih banyak lagi untuk berpikir. Mereka pendiam dan tidak suka bicara yang tidak penting. Kalaupun mereka bicara itupun biasanya hanya beberapa kata saja, sangat efisien namun kurang efektif untuk dimengerti orang lain.

Dalam percakapan mereka lebih sering sebagai pendengar. Pada saat obrolan yang tengah diperbincangkan menarik perhatian, mereka akan menjadi aktif berbicara. Hanya saja bila obrolan dianggap sudah tidak masuk akal atau terlau terbawa perasaan, mereka akan memilih diam atau bahkan pergi begitu saja. Karena cara berpikirnya yang abstrak, mereka tertarik pada perbincangan yang abstrak pula, tentang kemungkinan masa depan, fisika, astronomi, komputer, atau robot misalnya.

Karakteristik INTJ
Ulasan ini merupakan ciri secara umum dan menjadi langkah awal untuk dapat mengenali diri sendiri dan lingkungan dengan lebih baik. Bukan hasil akhir untuk menilai orang, setiap orang memiliki hak yang sama untuk menjadi lebih baik.

INTJ (Introversion iNtuition Thinking Judgment), merupakan 1 dari 16 tipe kepribadian berdasarkan MBTI (Myers-Briggs Type Indicator), kepribadian ini unik, kontroversial, dan sangat langka. Kurang lebih hanya terdapat sekitar 2 persen penduduk dunia yang bertipe kepribadian INTJ. Orang tipe INTJ memiliki sifat yang sangat tertutup, sulit ditebak, dan tidak suka terlihat di depan umum untuk hal yang dianggap tidak penting. Orang dengan tipe INTJ cenderung bekerja sendiri atau dalam sebuah tim kecil. Berikut karakteristik tipe kepribadian INTJ.

Penyendiri, pendiam, dan puzzle yang rumit. Sisi Introvert dari orang tipe INTJ membuat mereka jarang bicara dan tampil di depan keramaian. Sisi iNtuition dan Thinking menjadikan mereka pemikir yang abstrak, dimana selalu ada makna tersembunyi dibalik suatu kejadian serta dampaknya pada masa depan. Kombinasi hal-hal tersebut menjadikan orang tipe INTJ sulit berkomunikasi secara efektif dengan orang lain.

Optimistis dan berpikir positif. Bagi seorang INTJ segala sesuatu dapat dianalisa. Bahkan hal yang bagi orang lain terkesan gila dan mustahil, bagi mereka itu mungkin untuk dilakukan selama tidak kehilangan keyakinan. Perlu diketahui bahwa hanya ada satu hal yang tidak dapat dilakukan, yakni menjadi Tuhan.
Kepercayaan diri yang tinggi. Kelebihan orang tipe INTJ yang mengetahui apa yang mereka mampu lakukan dan apa yang tidak dapat mereka lakukan. Kesadaran akan kekuatan dan kelemahannya memberikan kepercayaan diri yang positif tentang kemampuan mereka. Aura kepercayaan diri tersebut kadang dianggap sebagai sikap yang arogan.  

Seorang pendengar yang baik. Orang dengan tipe kepribadian INTJ merupakan pendengar yang baik, mereka akan mendengarkan penuh perhatian dan menikmati untuk hal-hal yang rasional. Mereka tidak suka menyela atau memotong perkataan orang lain.

Sutradara yang tegas dan rasional. Sisi Judgment menjadikan orang yang percaya diri dalam pengambilan keputusan. Bahkan nyaris tidak ada keraguan. Sementara sisi iNtuition dan Thinking menjadikan segala keputusan lebih berdasarkan pada logika dibandingkan perasaan. Hanya saja sisi Introvert yang tidak suka tampil, menjadikan orang tipe INTJ cenderung lebih suka merelakan posisi kepemimpinan pada tipe Extrovert yang kompeten. Mereka lebih suka menjadi ‘sutradara yang mengendalikan sebuah pertunjukan teater dari balik layar’.

Inisiatif pemberontak dan pendobrak tradisi. Pemikiran INTJ sangat rasional dan tidak suka bila dibatasi aturan-aturan yang hanya dibuat untuk kepentingan sesaat. Mereka tidak patuh dan hormat pada orang lain berdasarkan pangkat, jabatan, kekayaan, kasta, atau hal lainnya yang tidak logis. Mereka hanya menghormati dan mengikuti orang yang kompeten.

Independen jujur dan apa adanya. Orang INTJ akan menganalisa dan mengatakan sesuatu secara lebih objektif dibanding orang lain. Mengatakan baik dan buruk apa adanya, bahkan hal yang menyakitkan sekalipun. Mereka sangat bebas, tanpa terikat aturan yang menurut mereka konyol, serta ketergantungan akan orang lain.

Serigala yang kesepian. Kemampuan diri yang menonjol tidak diimbangi dengan kemampuan sosial yang baik. Orang INTJ memiliki sedikit teman dekat, namun sebenarnya mereka tidak terlalu peduli dengan hal tersebut. Orang lain melihat sosok INTJ sebagai seseorang yang kesepian tanpa teman. Bagi orang INTJ bukan seberapa banyak jumlah sahabat yang dimiliki, namun kualitas persahabatannya yang lebih penting.

Robot dengan sedikit perasaan. Kecerdasan logika mengalahkan perasaan, ditambah wajah tanpa ekspresi, serta tatapan dingin yang tajam. Kurang sensitif terhadap perasaan orang lain. Hal-hal tersebut membuat sosok INTJ seperti robot atau cyborg bagi orang lain. Sesungguhnya orang INTJ memiliki perasaan seperti anak-anak yang masih polos (karena kurang terasah), hanya saja perasaan tersebut sering ditahan karena tidak sejalan dengan logika. Perasaan yang seperti anak-anak ini terlihat dari perasaan bahwa mereka selalu benar dan sangat tidak suka bila disalahkan, meski sesungguhnya mereka salah.


INTJ juga seorang manusia biasa yang memiliki perasaan, hanya saja tidak membiarkan perasaannya mempengaruhi keputusannya. Sebagai penutup setiap manusia merupakan makhluk yang unik dan special, demikian pula dengan INTJ. Setiap karakteristik yang ditulis diatas belum tentu semuanya benar. Ini hanyalah paparan umum, agar kita bisa lebih bijak memahami alam semesta.

Kelebihan dan Kekurangan INTJ
Tuhan tidak akan memberikan cobaan pada makhluk-Nya melebihi kemampuan makhluk tersebut. Setiap manusia memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Semua adalah anugerah Tuhan yang harus kita syukuri. Dengan mengetahui kelebihan dan kekurangan diri sendiri akan membuat kita lebih bijaksana dalam hidup ini. Orang INTJ merupakan sosok yang kadang dianggap sebagai 'orang yang mengetahui banyak hal' sekalipun juga memiliki kekerangan. Berikut kelebihan dan kekurangan secara umum orang dengan kepribadian INTJ.



Kelebihan.

  • Kepercayaan diri yang tinggi. Semakin banyak informasi yang mereka ketahui maka mereka akan semakin percaya diri dalam bertindak.
  • Kemampuan analisa dan logika yang diatas rata-rata. Mereka ahli merancang strategi, baik dalam urusan pekerjaan maupun kehidupan sosial. Selalu memiliki rencana cadangan.
  • Berpikiran terbuka terhadap kemungkinan dan gagasan dari luar. Mereka senang menerima masukkan yang membangun.
  • Penuh dedikasi dan determinasi dalam kerja. Bekerja keras, hingga kadang lupa waktu.
  • Bersikap jujur dan melihat secara objektif suatu permasalahan. Mereka mengatakan hal yang baik itu baik, yang buruk itu buruk.
  • Pendengar yang baik. Selain itu mereka juga merupakan pasangan yang setia.
  • Tidak suka ikut campur urusan orang lain yang tidak penting menyangkut dirinya.
  • Berpikir maju ke depan.

Kekurangan

  • Kurang peka terhadap perasaan orang lain.
  • Kurang mampu mengekspresikan perasaannya, sangat dingin.
  • Sulit mengungkapkan apa yang ada di pikiran mereka pada orang lain. Orang lain sulit untuk memahami perkataan INTJ. Bisa karena bahasa yang digunakan terlalu tinggi, atau perkataannya terlalu cepat.
  • Tidak suka disalahkan. Mereka selalu berpikir bahwa mereka selalu benar. Selain itu juga terkesan sombong.
  • Kurang perhatian pada penampilan diri sendiri, apalagi orang lain.
  • Kurang sesuai sebagai penghibur. Mereka sulit diajak santai, kadang terlalu serius.
  • Terlalu banyak menghabiskan waktu untuk berpikir seorang diri.
  • Selain kekurangan dan kelebihannya, orang INTJ memiliki sifat yang mengutamakan efisiensi. Mereka hanya membeli barang yang mereka butuhkan atau inginkan saja. Mereka tidak membeli barang karena alasan rayuan sales atau karena ada discount. Satu keadaan yang sering dijumpai pada seorang INTJ adalah mereka sering mendapat tanggung jawab yang besar namun dengan sedikit otoritas.


INTJ Underachiever
Biasanya anak-anak sekolah atau mahasiswa, belajar untuk mendapatkan nilai yang baik. Karena dengan nilai yang baik mereka akan memperoleh kesempatan yang lebih baik untuk memperoleh pekerjaan. Korelasinya adalah tentang uang, sehingga dapat disimpulkan bahwa beberapa orang belajar untuk uang. Berbeda dengan orang lain, orang dengan kepribadian INTJ cenderung belajar, kalau mereka anggap perlu, untuk kepuasan dan kesenangan mereka sendiri.

Orang INTJ suka berpikir secara rumit, menganalisa berbagai kemungkinan masa depan, serta langkah-langkah apa yang mungkin dapat diambil untuk memperoleh hasil terbaik. Namun mereka bukan pribadi yang mudah diatur, sehingga terkadang mereka justru memperoleh masalah di sekolah atau kampus. Mereka jarang tertarik dengan sesuatu yang menarik bagi orang lain. Mereka menjalani hidupnya dengan gaya mereka sendiri.

Demikian dalam kehidupan sosial di sekolah ataupun di kampus. Mereka hanya melakukan hal yang mereka inginkan. Mengikuti kelas yang menarik bagi mereka dan meninggalkan kelas yang membosankan. Kalaupun mereka mengikuti kelas yang menurut mereka membosankan, pikiran mereka ada di tempat lain. Sealin itu mereka bukan seorang team player, mereka sering mengalami masalah dalam tugas kelompok. Karena bagi mereka bekerja dalam kelompok kurang efisien, selain itu anggota kelompok yang lain dianggap kurang kompeten. Bahkan bisa saja mereka tidak menghormati guru atau dosen yang mengajar karena mereka kurang kompeten.

Kecerdasan yang dimiliki orang INTJ kadang menjadikan mereka arogan, semisal mereka berpikir tidak perlu belajar untuk ujian, karena mereka yakin bisa mengatasinya dengan baik. Bagi mereka nilai bukan yang utama, yang lebih penting apa yang dapat mereka lakukan, manipulasi, atau ubah dengan kemampuan yang mereka pelajari.


Hal-hal tersebut dapat membuat orang INTJ menjadi underachiever, orang dengan kemampuan lebih namun hanya memperolah hasil yang kurang sesuai. Terkadang mereka seharusnya mendapat nilai A+, namun hanya mendapat C secara konyol.


INTJ lebih suka menyimpan segala hal yang rumit untuk mereka sendiri,
karena hal Rumit itu sulit untuk kalian pahami kecuali INTJ itu sendiri.

49 comments :

Unknown says:
at: 21 Mei 2014 pukul 20.03 mengatakan...

Salam Kenal saya seorang INTJ juga..
tertarik bahwa seorang INTJ itu, serigala yang kesepian atau robot dengan sedikit perasaan haha
kunjungi juga blog saya
asepridwanlubis.blogspot.com

Unknown says:
at: 8 Agustus 2014 pukul 23.13 mengatakan...

Saya terkejut waktu hasil pertama MBTI keluar dan saya ternyata INTJ..kemudian saya tes lagi 2 kali dan tetap hasilnya INTJ..kamu benar, kadang saya merasa membiarkan orang lain menganggap saya mudah dipahami, jauh didalam saya penyendiri yang kesepian, benar juga bahwa saya bukan orang yang akan menghormati orang lain karena strata sosial atau popularitasnya tapi lebih ke kompetensinya. Saya suka berkomunikasi dengan mereka yang pemikirannya penuh analisa logis. Orang-orang seperti itu membuat saya merasa "hidup"..

Unknown says:
at: 10 September 2014 pukul 06.32 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown says:
at: 10 September 2014 pukul 06.32 mengatakan...

Salam kenal saya INFJ , tapi saya punya sahabat dekat seorang INTJ , aku maksa dia untuk ikut tes MBTI Dan sesuai ...
Benar bahwa temanku itu terlihat seperti robot , dia agak tersisihkan dari keramaian , aku sudah sangat kenal dia . Aku ingin cerita .
Aku juga sebenarnya orang yang pendiam dan punya pemikiran agak berbeda dari orang lain, hanya saya melakukan cara berbeda agar semua orang yakin sayalah yang benar tanpa membuat mereka merasa direndahkan . Dulu pertama kali saya bertemu dengannya bukannya kasihan tapi penasaran . dia sering diam tapi aku yakin ada sesuatu yg dia pikirkan . Aku ingin dekat agar aku tahu bagaimana jalan pikirannya . Karena sepertinya semua orang menyerah dengannya yg dingin . Dan jadilah aku temannya , setelahnya aku tau kalau dia orang yang keren , aku selalu bercerita padanya , meskipun aku tahu dia sebenarnya tidak mau mendengarkannya , . Aku selalu senyum dengan semua orang dan dia selalu tanya kenapa harus begitu?Plis berhenti ngelakuin hal yang ga penting. Aku sama sekali gak tersinggung seperti teman2nya yg lain (yg sekarang menjauhinya )karena aku sangat menghargai kepribadian setiap orang
Kami sangat berbeda , tapi aku dapat memerankan apapun!harus!.Aku pikir bagus jika aku dapat sedikit saja mengajarkan keindahan , dan keceriaan padanya .
Dan anda tahu yang terjadi ? Kami membuka topeng kami , keluar dari kotak aman dan melakukan hal yang nyata bersama . Aku tidak percaya kalau dia bisa tertawa lepas dan melakukan hal konyol , kami saling belajar beberapa hal , dan kami selalu saling mengkode jika pemikiran kami terhadap sesuatu sama . jika berbeda kami menggabungkan pikiran kami , dan orang orang takjub melihat hasilnya , Kami malah jadi pusat perhatian yang dulunya itu impossible bagi kami. Guru guru tahu kalau kami bersama sesuatu dapat terjadi secara ajaib . . Kami punya persahabatan yang manis dan kini kami bersatu , ketika itu terjadi kami akan punya semua kepribadian MBTI . GLAD to be you INTJ ! Thanks for my friend Aurin .

Qiana says:
at: 24 September 2014 pukul 00.40 mengatakan...

salam kenal kak Asep,kak Leni dan Kak Kintan :) terima kasih uda mengunjungi blog ku ..
Semoga apapun kepribadian kita tetep memberi manfaat untuk sesama karna Allah pasti menganugrahkan ke uniq-an dalam setiap ciptaan NYA

Unknown says:
at: 21 November 2014 pukul 15.17 mengatakan...

Barakallah ya semoga kehadiran kita bermanfaat bagi dunia ini walau kita hnya 2% dari populasi manusia di bumi ini salam INTJ, keep spirit

Unknown says:
at: 15 Desember 2014 pukul 23.29 mengatakan...

Ijin share ya kak.. saya INTJ juga. :3

Mekay Lunikabezz Kripton says:
at: 18 Desember 2014 pukul 21.53 mengatakan...

Hay, saya juga seorang INTJ. Terkadang sih merasa aneh dengan diri sendiri. Bahkan, terkadang teman saya mengatakan saya berpikiran seperti seorang cowok terutama mengenai cinta. Saya sangat keras kepala dan merasa sangat sulit untuk bisa menghormati seseorang, tidak suka diganggu dan begitulah. -_- B)

Qiana says:
at: 9 Januari 2015 pukul 00.32 mengatakan...

Assalamualikum kawan INTJ :) buat kak Muhammad Amin, Kak Destru dan kak Mekay jadi tertarik ni ama komunitas INTJ ..
pasti klo lagi share seru

Anonim
at: 15 Januari 2015 pukul 16.10 mengatakan...

I am an INTJ as well, dan sering mendapati kalimat "Aku belum pernah bertemu orang sepertimu" dilontarkan pada saya

Unknown says:
at: 1 Februari 2015 pukul 20.10 mengatakan...

Ternyata saya INTJ juga, salam kenal

Qiana says:
at: 1 Februari 2015 pukul 21.56 mengatakan...

salam kenal kak Farradila aaa...setelah baca blog kaka berasa bercermin deh pengalaman kita hampir sama :) bedanya saya masih memiliki unsur extrovert

> Assalamualaikum kak Yunni salam kenal
> @all yuk yuk kita ngobrol di skype : invite ya cheyrien :)

Rainy Morning says:
at: 31 Maret 2015 pukul 07.44 mengatakan...

ini artikel tentang INTJ terlengkap yg pernah saya baca,
makasih, dan salam makhluk paling jarang :D

Unknown says:
at: 2 April 2015 pukul 05.16 mengatakan...

aku sudah 2x tes MBTI dari situs yang berbeda dan dengan soal yang berbeda. hasilnya tetap sama, aku INTJ. jadi lebih tau diri sendiri jadinya... ternyata aku begini krn aku berpikiran begitu.. wkwkwkwk

Unknown says:
at: 11 Mei 2015 pukul 16.56 mengatakan...

5 kali test... 4 INTJ, 1 INTP...
Setiap kepribadian punya kelebihan dan kekurangannya masing2.. Ga bener jika dikatakan bahwa kepribadian A lebih baik dibanding B. Tapi ttp aja sering ngerasa lebih baik, terlebih sama org2 yg nalarnya ga searah.
Sombong? Bodo amat, lu yg nilai... Lagian sombongkan "penyakit hati", siapa elu bisa nge-judge sombong? Tuhan!?
Kalopun memang sombong, setidaknya gue jujur, ga munafik dengan cara murahan... punya seribu cara cari alesan :(

Maap numpang corat coret... Salam

Unknown says:
at: 11 Mei 2015 pukul 17.05 mengatakan...

5 kali test... 4 INTJ, 1 INTP...
Setiap kepribadian punya kelebihan dan kekurangannya masing2.. Ga bener jika dikatakan bahwa kepribadian A lebih baik dibanding B. Tapi ttp aja sering ngerasa lebih baik, terlebih sama org2 yg nalarnya ga searah.
Sombong? Bodo amat, lu yg nilai... Lagian sombongkan "penyakit hati", siapa elu bisa nge-judge sombong? Tuhan!?
Kalopun memang sombong, setidaknya gue jujur, ga munafik dengan cara murahan... punya seribu cara cari alesan :(

Maap numpang corat coret... Salam

COSMIC CITIZEN says:
at: 23 Mei 2015 pukul 05.45 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
COSMIC CITIZEN says:
at: 23 Mei 2015 pukul 06.11 mengatakan...

Haii, Salam Kenal. Aku juga INTJ. Bangga juga rasanya jadi minoritas. Ternyata orang kaya aku ngga cuman satu. Pantesan aja sikapku cenderung lain daripada temen2ku. Gimana mau ngga lain orang cuman 2% dari penduduk bumi.
Keep moving forward buat semua INTJ

COSMIC CITIZEN says:
at: 23 Mei 2015 pukul 06.11 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Anonim
at: 23 Agustus 2015 pukul 21.37 mengatakan...

Saya seorang dokter muda di Makassar, dan saya seorang INTJ. Tidak banyak kisah, payah dalam deksripsi umum, namun merasa benar dalam langkah. Saya sering merasa tertekan, merasa sebagai makhluk yang aneh. Bahkan berpikir beberapa kali untuk menemui psikiater. Saya sering mengalamj tension type headache karena tidak yakin pada diri sendiri. Terimakasih INTJ, jadilah berguna, jadilah ilmuan, agar kalian memiliki kesempatan untuk menjelaskan diri kalian pada dunia. ID LINE: atenriandromeda

Qiana says:
at: 23 Agustus 2015 pukul 23.12 mengatakan...

assalamualaikum kak ,

saya barusan cari di LINE ID nya tidak ditemukan :)

Unknown says:
at: 29 Oktober 2015 pukul 20.29 mengatakan...

Assalamu'alaikum, klo saya kok bingung ya, pas di tes entj cuma masalahnya di beberapa tmpt saya merasa entj tp di tempat lain seperti intj, misalnya di tempat krja saya sendirian dg ekspresi wajah yg menakutkan, tp klo di kampus saya ceria banyak tertawa banyak teman dan bersosialisasi dg baik, tp klo saya coba begitu di kantor ttp gk bisa, gmn ya itu? Mungkin ad yg bisa ngasih solusi

Marvis says:
at: 9 Januari 2016 pukul 10.24 mengatakan...

Saya entp,tapi ada yg namanya SHADOW.. Shadow saya INTJ.. Shadow itu keluar pada kondisi2 tertentu. Intinya, saya sendiri dasarnya ENTP,tapi sering banget jadi INTJ.. Jadi bisa diblg kyk punya kepribadian ganda gt.. Hahaha
Dan di tes pun kadang INTJ, kadang ENTP..
pelajari aja mana kepribadian dasar km..
Saya penyendiri dan bla bla jg kyk INTJ..
tp saya juga ngerasain kesepian dan bla bla bla krn saya dasarnya ENTP..
rumit emang.. Tp good luck ya.. :)

Unknown says:
at: 27 Februari 2016 pukul 21.09 mengatakan...

Assalamualaikum, salam kenal.
Saya juga seorang intj. Sudah 7 kali saya mencoba tes mbti hasilnya selalu intj.meski pernah 2 kali hasilnya istj , namun lebih sering dengan hasil intj.dan yang lebih menyakinkan saya seorang intj , pada faktanya sikap dan perilaku saya lebih sesuai ke intj daripada istj.

Unknown says:
at: 27 Februari 2016 pukul 21.10 mengatakan...

Assalamualaikum, salam kenal.
Saya juga seorang intj. Sudah 7 kali saya mencoba tes mbti hasilnya selalu intj.meski pernah 2 kali hasilnya istj , namun lebih sering dengan hasil intj.dan yang lebih menyakinkan saya seorang intj , pada faktanya sikap dan perilaku saya lebih sesuai ke intj daripada istj.

Unknown says:
at: 10 April 2016 pukul 03.49 mengatakan...

Nggak nyangka kalau saya ternyata intj, dari masa sekolah saya memang sering ngerasa bosan atau malas tiap ada mata pelajaran yg disampaikan oleh guru yg tidak berkompeten atau mengerjakan tugas kelompok dgn orang lain, karna saya pikir pendapat mereka sering terdengar konyol dan tidak realistis. Akhirnya saya jadi berpikiran kalau mereka sama sekali tidak kompeten.

Belajar dan Mengajarkan says:
at: 25 Mei 2016 pukul 18.50 mengatakan...

Aku istj...aku emang ga terlalu nyaman di keramaian Dan agak tertutup.ga suka ikut campur urusan org lain.ga suka gossip.

Unknown says:
at: 15 Juli 2016 pukul 14.57 mengatakan...

Maybe Friend enfj

Ronal A Prasetyo says:
at: 25 Januari 2017 pukul 07.12 mengatakan...

Tersesat di blog ini kah? Hehehe, entahlah. True myself saya memang INTJ. Tapi kalau di lingkungan luar 'terpaksa' memakai topeng 'ENTP'.
Yah sreg juga sih INTJ primary process, sedang ENTP mask/opposite process.

INTJ >< ENTP

Rodhiyatum Mardhiyah says:
at: 19 Oktober 2017 pukul 22.37 mengatakan...

Salam kenal sebelumnya. Saya INTJ, memang terkadang seorang INTJ lebih baik curhat kepada Tuhan yang memang bisa mengerti kita. Daripada curhat sama orang yang salah (Tidak dapat mengerti kita).
Rodhiyatummardhiyah.blogspot.com

My Blog says:
at: 11 Januari 2018 pukul 08.07 mengatakan...

Halo semuanya salam kenal .. Saya juga INTJ

My Blog says:
at: 11 Januari 2018 pukul 08.08 mengatakan...

Iya itu aku jugaa

Unknown says:
at: 27 Februari 2018 pukul 05.51 mengatakan...

saya juga INTJ. and here is. we are INTJ different than the other else

Luqman Raharjo says:
at: 14 Maret 2018 pukul 08.50 mengatakan...

Good point

Unknown says:
at: 19 Maret 2018 pukul 03.50 mengatakan...

Albert Einsten INTP (ahli logika) kali bukan INTJ.

rodionromanovich007 says:
at: 28 Juli 2018 pukul 19.45 mengatakan...

Setelah gua mengobservasi ternyata intj banyak ya,padahal persentase nya bisa dibilang cukup rare(di urutan ketiga setelah infj dan entj)actually gua skeptis sih sama orang-orang yang mengaku dia intj. Karena intj itu kaya dianggap paling keren,kesini-sini. Coba yang ngaku intj,dpt dari mana hasil tesnya?apa dari 16.personality?atau web yang lain setipenya? menurut gua itu gampang di manipulasi,dan terlalu simple pertanyaannya. Dan itu bener-bener hasilny gak pure. Coba kalian tes di keys2cognition.com gua yakin hasilnya pasti beda(saran gua kalian yang mau tes disini harus tau makna dari pertanyaan nya,dan coba analisis lagi dalem dalem jangan asal jawab) Walaupun lo mau memanipulasi nya biar hasil tesnya tetep intj(tapi gua punya pengalaman sih temen gua yang tadinya dia tipe st jadi nt, gua gak tau apa dia memanipulasi itu atau dia gak tau makna pertanyaannya alhasil tesnya itu jadi fake karena gak di analisis dulu. Dan itu buat gua skeptis hasilny dia nt,padahal nyatanya dia tipe st 100%) ini berlaku buat semua tipe ya. gua disini mau ngebenerin aja biar gak di jalan yg salah.

Unknown says:
at: 9 September 2018 pukul 11.38 mengatakan...

Setelah aku baca sampai habis...sepertinya aku keprebadian intj...

Nurul Afika says:
at: 29 September 2018 pukul 05.17 mengatakan...

Lebih kurang 2% dari populasi dunia? Tapi kok di Indonesia kayaknya banyak sekali sang INTJ, memang seorang INTJ atau sekedar merasa INTJ? Dan sampai saat ini, blog berbahasa Indonesia yang membahas INTJ juga adalah yg terbanyak dari pada kepribadian berdasarkan MBTI yang lain. 🤔

Nurul Afika says:
at: 29 September 2018 pukul 05.18 mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Nurul Afika says:
at: 29 September 2018 pukul 05.25 mengatakan...

Sebelumnya Maaf.
Saran saya, bagi Anda yang masih "rasa-rasanya INTJ", jangan langsung meng-klaim diri sebagai seorang yg berkepribadian INTJ. Seperti komentar kakak-kakak diatas, yang sudah tes MBTI lebih dari 3 kali aja hasilnya masih berubah-ubah walau pada akhirnya kita sendiri yang tahu dimana kecenderungan kita, iya kan? Nah apa lagi yang baru-baru ngerasa.. bahaya loh.. ntar yang ada malah ngecocok-cocokin diri biar trait nya kayak seorang INTJ, (maksain diri) ✌

Nurul Afika says:
at: 29 September 2018 pukul 05.29 mengatakan...

Setuju👍 gua juga sangsi ama yang ngaku-ngaku

Unknown says:
at: 14 Januari 2019 pukul 07.34 mengatakan...

Setuju bro. Gw sangsi yang di atas INTJ. INTJ tuh gk akan buang-buang waktu cuma buat komen panjang lebar. Apa lagi mengawali sosialisasi :v

Fathiahanum says:
at: 5 Februari 2019 pukul 05.42 mengatakan...

Assalamu'alaikum
Waktu baca artikelnya saya ngerasa baca diri sendiri. Saya memang udah tes MBTI dan hasilnya saya INTJ. Dan semakin saya telusuri mengenai kepribadian INTJ saya mendapatkan jawaban kenapa saya berbeda. Sankinkan anehnya Sampai2 dulu ada yg bilang kalau saya manusia dari planet lain 😳. Dan saya juga sering bertanya2 kenapa saya tidak seperti orang pada umumnya. Saya merasa diri saya aneh. Tapi yang lebih anehnya saya gk terlalu ambil pusing sih...
Dan ternyata itu semua karna saya INTJ 😁

Aulman says:
at: 9 Mei 2019 pukul 08.08 mengatakan...

Sama banget wkwk. Yahh namanya juga kepribadian unik dan terlangka

Zora-kun says:
at: 5 Juni 2019 pukul 06.20 mengatakan...

sama, saya udah tes 4 kali dan hasilnya masih sama INTJ, dan saya udah cek di situs situs cirinya sama dengan sifat ku,
adakah saran situs yang lain buat tes kepribadian MBTI, biar saya lebih paham mengenai diri saya...

Unknown says:
at: 16 Oktober 2019 pukul 19.56 mengatakan...

Salam kenal

Senang membaca tulisan ini.
Jauh sebelum ini sy dikenal sebagai pribadi yg sulit dipahami, meski mudah bagi sy utk memahami diri sendiri & org lain. Namun tetap sulit menjelaskan 'siapa' sy pada org2 di sekitar.
Meski merasa tak nyaman & sering dibilang aneh, sy tak sanggup merubah apa yg sudah menjadi pemikiran & keyakinan sy, persis seperti isi tulisan ini. Hanya sedikit yg bisa memaklumi inilah saya.
Hingga baru beberapa bulan ini sy mencoba kembali tes kepribadian MBTI, setelah sebelumnya sy tak peduli apa itu INTJ.
Fakta bahwa jumlah orang dengan kepribadian INTJ sangat sedikit membuka mata saya, mengapa kepribadian INTJ sering disalahpahami.
Kini saya jauh lebih bisa menerima keadaan sy setiap kali respon di sekitar kurang menyenangkan. Terutama fakta bahwa orang2 di sekitar kurang bisa menerima diri sy yg keras kepala & terlalu logis untuk ukuran perempuan.

Membaca komentar di bawahnya, sy senang bertemu orang selain sy, sesama INTJ. Kita adalah penyendiri yg handal, pemikir mendalam, & perencana ulung. Meski sy berani mengatakan tidak masalah dengan kesendirian, namun mengetahui adanya sesama kepribadian INTJ di luar sana,membuat sy semakin optimis menjalani hidup sy sebagaimana inilah 'dulunya' saya.

Terima kasih

Anonim
at: 25 Januari 2020 pukul 22.30 mengatakan...

Aku INTP dan punya teman INTJ jg, kita mirip, sama sama pengen dekat dengan si INTJ. Tapi mungkin anda lebih berhasil mendekatinya dan saya hanya bisa berusaha mendekat tapi dia tidak mau membiarkan aku masuk memahami dirinya. Dia berpikir lebih baik dia menipu aku dan berpura pura mudah dipahami. Tapi aku lebih menginginkan dia jujur pada dirinya sendiri, terus terang tentang emosinya padaku.

Syaroniipa Dua says:
at: 29 Februari 2020 pukul 10.17 mengatakan...

Halo kak. Salam kak , namku Roni. AKu mencoba tes MBTI dan hasilnya INTJ. Aku lebihh sering menyendiri untuk menekuni hobiku, merencanakan atau mengevaluasi kegiatan dan mengisi ulang energi dengan me time. Namun, kadang kesendirian ini sering di salahpami oleh orang sekitarku kalau aku adalah orang yang tidak bisa bergaul, terlalu pendiam dan sulit di pahami karena sering kebanyakan orang.Tapi saya berusaha santai dan tidak mengambil pusing semua itu.
Alhamdulillah tetap banyak teman yang masih memperlakukanku dengan baik.

Tetap semangat teman-teman. Apapun anggapan orang lain tentang kalian, tetaplah berbuat kebaikan . Karena kebaikan itu pula yang akan kembali lagi menjadi kebaikan dalam hidup kita.

puti bukik says:
at: 17 Juli 2020 pukul 09.00 mengatakan...

Kalau aku Test Test hasilnya INTJ beberapa kali. Sebagian sih benar ya, tapi menurut aku sejak menikah aku menjadi INTJ yang lebih “berkembang” kayaknya :p

 
.